batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Asal usul dan Ciri-ciri Fire Opal Wonogiri

Asal usul dan Ciri-ciri Fire Opal Wonogiri

Advertisement


Tidak hanya di kalimaya yang menghasilkan batu jenis opal, di Wonogiri jawa tengah juga ada Fire Opal atau yang biasa di sebut dengan Barjad Api, tepatnya di wilayah perbukitan manggal yang berada di kecamatan Tirtomoyo, dan ada juga di daerah pegunungan Muser wilayah kecamatan Kismantoro.

Adapun kualitasnya tak mau kalah dari batu Opal asal Meksiko dan Tanzania, hanya saja tren nya masih kalah dengan batu sejenis Bacan, Giok Aceh, Kalimaya dan yang lainnya yang sudah meraih popularitas yang tinggi di dunia akik Indonesia, sehingga Fire Opal Wonogiri ini kurang booming.


Meskipun ada yang mengklaim bahwa batu ini berasal dari daerah Pacitan, itu salah besar, karena sebenarnya ini adalah batu dari Wonogiri yang kebetulan saat itu banyak di jual kepada pengrajin batu asal Pacitan, yang pada akhirnya batu ini di sebut sebagai batu asal Pacitan.

Batu ini memiliki kandungan material semacam Silika dan H20, sedangkan tingkat kekerasannya hanya sekitar 5 - 6 skala mohs, akan tetapi batu jenis ini mudah pecah saat di poles, jadi harus mempunyai pengalaman tersendiri untuk memproses jenis batu seperti ini.

Ciri-Ciri
Sama seperti batu Fire Opal pada umumnya, batu Wonogiri ini mempunyai warna dasar yang sangat kristal dan bening seperti merah, kuning, putih, cokelat dan lainnya, dan yang menjadi ciri khasnya adalah keunikannya yang mampu membiaskan cahaya seperti cahaya nyala api yang menyala-nyala dari dalam batu, oleh sebab itu batu ini di sebut dengan Fire Opal (Barjad Api).


Batu ini sudah di jadikan sebagai batu khas asal Wonogiri oleh Danar Rahmanto (Bupati Wonogiri) saat pameran di Wonogiri. Sedangkan Untuk harganya biasanya batu ini di jual sekitar 600 ribuan percincin, tentunya tergantung dari ukuran dan kualitasnya.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.