batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal Ciri-ciri batu Raflesia

Mengenal Ciri-ciri batu Raflesia

Advertisement

Batu Raflesia adalah batu jenis Chalcedony yang memiliki warna merah, merah kecoklatan dan juga merah orange seperti  warna pada bunga Raflesia, maka dari itu para pecinta Batu Mulia memberikan nama seperti itu, batu yang tergolong langka ini di kategorikan sebagai batu mulia karena keindahan dan keeksotisannya yang sangat menawan, sehingga tidak sedikit orang yang menyukai dan mengoleksinya. 

Sementara ini yang terkenal penghasil batu ini adalah Bengkulu, sebenarnya batu yang memiliki tingkat kekerasan rata-rata antara 7 skala mohs ini memiliki beragam warna seperti  merah, oranye, kuning dan juga putih, akan tetapi yang paling banyak di gemari dan di buru adalah yang warna merah solid atau orang menyebutnya dengan nama merah fanta.

Adapun ciri-ciri dari batu Raflesia ini adalah:

  • Mempunyai keunikan yang jarang di miliki batu yang lain seperti cat eye/mata kucing, yaitu cahaya yang berbentuk garis melintang dan akan lebih indah jika terkena cahaya.

  • Nampak seperti ada klep air di dalam batu atau yang biasa di sebut oleh akik mania dengan sebutan giwang.

  • Ada yang memiliki serat  garis-garis seperti jaring atau serat kura-kura, namun biasanya hanya terlihat jika di senter.

  • Ada juga yang memiliki serat sulaiman.


Adapun batu yang hampir memiliki kemiripan adalah batu chalcedony dari Lampung, Anggur / Red baron dari Pacitan, Cempaka dari Aceh, King Obi dari Halmahera dan lainnya. yang kesemuanya sama-sama dari batu jenis Chalcedony.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.