batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » , » Meembedakan Kecubung Bungur Tanjung Bintang, Kalimantan dan Brasil

Meembedakan Kecubung Bungur Tanjung Bintang, Kalimantan dan Brasil

Advertisement

Selain kota yang terkenal sebagai penghasil kopi terbesar di Indonesia, Lampung juga mempunyai batuan mulia yang cukup bagus warna serta keindahannya, salah satunya adalah batu Kecubung Bungur yang sudah di temukan sejak tahun 1970 di Tanjung bintang lampung selatan. 

Batu ini adalah salah satu batu Amethyst terbaik yang ada di negara kita yang kandungannya terbentuk oleh mineral quarsa dan memiliki struktur kristal heksagonal yang tersusun oleh silika trigonal yang sudah menjadi kristal oleh silikon dioksida(SiO2) dan juga memiliki tingkat kekerasan pada 6,5 hingga 7 pada scala mohs.

Selain dari Tanjung bintang, batu yang memiliki ciri khas warna Ungu atau yang lebih di kenal dengan nama batu kecubung ini juga ada yang dari Kalimantan dan Brasil yang masing-masing memiliki visual yang cantik dan mempesona.

Meskipun sama-sama memiliki warna dominan ungu, akan tetapi ada sedikit perbedaan yang ada pada mereka, adapun cara sederhana untuk membedakannya adalah dengan memasukkannya ke dalam gelas atau mangkuk bening yang di sudah di isi air bening.


Perbedaan batu Kecubung Bungur Tanjung Bintang, Kalimantan dan Brasil:
  • Bungur Tanjung Bintang.
    Jenis ini lebih mengkilap dari pada jenis yang lain karena memiliki tingkat kejernihan 99% dan hampir tidak memiliki serat, namun warna ungunya hanya terletak pada beberapa bagian sisi artinya warnanya tidak merata. Hal ini terlihat jika di masukkan ke dalam gelas air, warnanya akan memudar menjadi bening.

  • Kalimantan.
    Jenis Kalimantan ini sudah di akui pada tingkat internasional akan kualitas batu Amethystnya, karna memiliki warna yang lebih pekat, tegas dan merata, jika di lihat dalam gelas air warnanya tidak memudar dan tetap padat, akan tetapi tetap memiliki tingkat transparan yang tinggi, meskipun begitu jenis ini memiliki serat yang lebih kasar daripada Tanjung Bintang.

  • Brasil.
    Jika di bandingkan, asal Indonesia mungkin akan lebih bagus daripada yang dari negara Samba, karena yang dari sana warnanya lebih pucat dan kurang mengkilap, selain itu seratnya juga lebih kasar daripada kedua jenis di atas, kalo warnanya sih terbilang padat dan merata.





0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.