batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal batu Opal (kalimaya) dan jenis-jenisnya

Mengenal batu Opal (kalimaya) dan jenis-jenisnya

Advertisement

Kalimaya atau yang biasa di kenal dengan batu Opal adalah Batu mulia yang memiliki keindahan pada warnanya yakni bisa memancarkan cahaya berlian yang seperti pelangi yang berwarna-warni. Dari kecantikannya tersebut maka tak sedikit orang yang menyukai batu jenis ini.

Batu opal ini adalah merupakan batu yang tergolong lunak, dia terbentuk dari Kiezelzuur, air dan juga Silica atau beberapa logam yang tersusun dengan bagus sehingga batu ini mampu memantulkan cahaya dengan warna yang beragam jika di lihat dari sudut pandang yang berbeda. Rata-rata batu indah ini memiliki tingkat kekerasan 5,5 hingga 6,5 skala mohs.

Tambang terbesar dari batu opal ini adalah negara Australia, namun ada juga di temukan di India, Amerika latin, Mesir dan juga di Indonesia.

Adapun jenis-jenis batu kalimaya (Opal) yang populer adalah:

  • Opal biasa (Common Opal).
    Jenis ini tidak membiaskan cahaya warna sama sekali.
  • Opal Putih (White Opal).
    Jenis ini meliputi warna dasar putih, putih susu dan juga abu-abu. Mengeluarkan cahaya warna-warni namun sedikit (tipis) atau bahkan tidak sama sekali.
  • Opal Hitam (Black Opal).
    Jenis ini berwarna dasar gelap seperti hitam dan cokelat, dengan bias cahaya warna-warni yang terlihat jelas dan kotras, karna berwarna dasar gelap.
  • Opal berapi (Fire Opal).
    Jenis ini nampak tembus pandang (kristal) atau semi kristal yang mampu membiaskan cahaya 4 warna seperti merah, hijau, kuning, ungu dan sebagainya.


Antara kegunaan dan mitos batu Opal (kalimaya).


Ada sebagian orang yang mempercayai bahwa batu ini bisa memberikan aura negatif dan dampak buruk pada pemaikainya, seperti mengacaukan pikiran si pemakai, menimbulkan nafsu dan sahwat dan sebagainya, bahkan orang China menganggap batu mulia yang satu ini dapat merusak keharmonisan rumah tangga dan juga dapat membuat kesehatan pemakainya menjadi buruk.


Namun pada sisi lain ada juga sebagian orang yang mengatakan bahwa batu ini bisa memberikan kebahagiaan pada pemakainya, bahkan di percaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit, Wallahu a'lam..

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.