batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal Intan berlian (Diamond), batu termahal

Mengenal Intan berlian (Diamond), batu termahal

Advertisement

Siapa sih yang tak kenal intan, yah intan adalah batu mulia yang di jadikan sebagai perhiasan yang memiliki nilai yang sangat tinggi, bahkan nilai harganya di urutan paling atas di antara jenis perhiasan lainnya.

Lalu apakah bedanya intan dengan berlian (Diamond)???
Intan adalah sebutan untuk batuan yang masih alami (bahan) atau belum di proses, sedangkan berlian adalah intan yang sudah di poles sehingga menjadi batu yang sangat cantik dan mewah.

Batu Intan ini berasal dari perut bumi yang tepat sebagai pusat dari gunung berapi yang mengandung karbon dan atom, karena terjadi erupsi magma yang sangat kuat sehiingga membuat intan-intan naik ke permukaan dan membentuk pipa kimberlite (pipa tempat intan), adapun kimberlite adalah lorong lintasan magma dari perut bumi ke mulut gunung berapi yang berbentuk seperti pipa, kimberlite sendiri ini adalah penemuan pertama yaitu pada tahun 1870 di Kimberley (Afrika Selatan).



Selain itu Intan ini juga muncul sebagai endapan di dasar sungai atau yang biasa di sebut dengan Intan Alluvial, Sebenarnya intan jenis ini juga berasal dari pipa kimberlite yang telah mengalami proses geologi seperti glacier sehingga terbawa ke permukaan selama milyaran tahun, seperti yang ada di Martapura Kalimantan.

Batu ini memiliki tingkat kekerasan yang paling tinggi dan lebih keras dari baja, yakni tingkat kekerasannya mencapai 10 skala mohs dengan berat jenis antara 3,5 - 3,52. Selain itu batu ini juga memiliki cahaya dan saringan cahaya yang paling besar dari pada batu lainnya, warnanya juga ada beragam seperti kuning, jingga, merah, biru, hitam (carbonado) dan yang lainnya, namun yang paling populer adalah yang tak berwarna (bening/transparan).

Sebenarnya tidak semua hasil dari tambang intan ini memiliki kualitas dan harga yang sangat tinggi, dari intan sebesar 150 juta karat atau sekitar 30 ton, maka 80 persennya adalah kualitas buruk yang biasanya akan di hancurkan dan di jadikan sebagai bahan untuk campuran alat bor, pisau bedah, gergaji, komponen pesawat terbang, roket dan yang lainnya, karena sifat intan yang keras, selain itu intan juga dapat menahan radiasi dan juga menyerap panas. Lalu yang 20 persen lebihnya bisa di poles dan di proses untuk di jadikan perhiasan, namun di antara berlian yang sudah jadi hanya 1 hingga 2 persenlah yang memiliki kualitas yang sangat tinggi, maka tak heran jika berlian adalah perhiasan yang paling mewah dan mahal.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.