batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal Batu sungai dareh dan khasiatnya

Mengenal Batu sungai dareh dan khasiatnya

Advertisement

Batu akik sungai dareh ini sebenarnya sudah di kenal sejak tahun 1970 an, namun pada saat itu batu akik belum terlalu banyak yang meminatinya, tidak seperti akhir-akhir ini yang menjadikan batu akik menjadi tren dan populer di kalangan masyarakat baik tua maupun muda.

Namun bagi para kolektor atau pecinta batu akik, mereka akan berburu batu akik dari berbagai daerah untuk di pakai sehari-hari atau di jadikan sebagai koleksi.

Awal di temukannya batu cantik ini adalah di daerah sungai kandi dan bukit puti bungu (solok selatan), sehingga batu juga di juluki dengan nama batu giok kandi, namun batu indah ini lebih banyak di temukan di daerah sungai dareh dan masyarakat mempercayai bahwa batu dari sungai kandi adalah batu yang terbawa arus dari sungai dareh tepatnya di kabupaten Dharmasraya, Sumatra barat. sehingga batu ini lebih di kenal dengan nama batu akik sungai dareh. Selain terkenal dengan nama batu sungai dareh, giok kandi batu ini juga terkenal dengan nama batu Lumuik (batu lumut)

Selain keindahan warnanya yang berbalut warna hijau seperti warna lumut ini, batu ini juga mempunyai nilai kekerasan yang menyerupai giok asal china, yakni sekitar 6,5 skala mohs.

Untuk jenis-jenis dari batu asal sungai dareh ini ada beberapa macam sesuai dengan kualitas, warna serta coraknya seperti Kumbang jati, Pucuk pisang, Daun seledri dan sebagainya.



Adapun sebagian orang mempercayai khasiat dari batu sungai dareh ini adalah:

-Dapat menyelaraskan kehidupan dengan alam sekitar.
-Memberikan energi dan stamina menjadi kuat.
-Menambah percaya diri dan semangat.
-Menjernihkan pikiran, masalah dan menghilangkan stres.
-Menghilangkan racun ataupun energi buruk dalam tubuh.
-Melindungi diri atau membentengi dari berbagai macam hal negatif.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.