batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal batu Chrysoprase/Green Chalcedony yang asli

Mengenal batu Chrysoprase/Green Chalcedony yang asli

Advertisement

Batu Chrysoprase atau yang sering di salah sebutkan sebagai Kristopas karena untuk memudahkan pengucapan mereka ini merupakan batu jenis Chalcedony yang tingkat kekerasannya mencapai angka 7 pada skala mohs, batu ini memiliki warna hijau terang/kekuning-kuningan seperti hijau apel yang terbentuk oleh Nickel Oxide seperti halnya pada batu jenis Green Chalcedony yang juga sama memiliki warna hijau, namun yang membedakannya adalah warna Green Chalcedony memiliki warna hijau murni (pekat). 

Batu ini memiliki warna hijau yang cantik dan tingkat translucent yang tinggi sehingga membuatnya segar di pandang, jika di lehat sepintas seperti batu Bacan yang sudah mengkristal, sehingga harga yang di tawarkan untuk batu Chrysoprase ini pun tidak murah mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah tergantung pada tingkat kualitasnya.

Chrysoprase Chalcedony

Green Chalcedony


Membedakan yang asli dan palsu

Namun tak jarang juga untuk batu yang palsu,sintetis, dan dyed (pewarnaan). Dyed sendiri adalah batu asli yang rata-rata jenis Chalcedony berpori besar yang di proses secara laborat dengan penambahan warna supaya memiliki warna yang lebih indah dan bercahaya, jadi anda harus lebih berhati-hati jika ingin meminang batu yang satu ini, karena sulit sekali untuk membedakannya kalau anda tidak memiliki keahlian atau pengalaman mengenai batu ini.

Adapun cara membedakannya adalah dengan melihat serat yang dalam batuannya, untuk batu Chrysoprase dan Green Chalcedony mempunyai serat yang bercabang (tak beraturan), sedangkan untuk batu Dyed biasanya seratnya lebih besar dan searah. namun untuk lebih pastinya adalah dengan menggunakan alat Chelsea Filter, maka setelah di gunakan akan terjadi perubahan warna pada batu jenis Dyed biasanya warnanya berubah menjadi keabu-abuan atau ke merah jambuan. Sedangkan untuk batu Chrysoprase dan Green tidak berubah warnanya, hal ini di karenakan alat ini tidak dapat bereaksi pada unsur Nickel.


Untuk batu jenis ini dapat di temukan di Australia, Queensland, Brazil, Austria, Chechoslavia, Rusia, Amerika di Garut (jawa barat) atau yang biasa di sebut dengan batu hijau garut /Ohen, Sulawesi tenggara dan lain-lain.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.