batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal Zamrud (Emerald) asli dan palsu,serta kegunaannya

Mengenal Zamrud (Emerald) asli dan palsu,serta kegunaannya

Advertisement

Batu  Zamrud atau yang punya nama lain Emerald ini memiliki kesamaan dengan batu Aquamarine, yakni termasuk dalam golongan jenis mineral beryl, dan mempunyai tingkat kekerasan  7,5 - 8 skala mohs, Beryl yang murni sebenarnya tidak memiliki warna, akan tetapi karena adanya unsur Chromium di dalamnya maka terbentuklah emerald (Zamrud) yang hijau dan indah. Campuran unsur Chromium yang telah membentuk batu Zamrud menjadi hijau tersebut adalah sama hal nya yang terjadi pada warna merah yang terbentuk oleh Chromium pada batu Ruby.

Ciri khas pada batu Zamrud adalah memiliki serat atau serabut seperti retak-retak di dalamnya, dan nampak seperti ada inklusi atau kecacatan pada batu ini, tentu saja hal ini yang bisa di jadikan pedoman untuk membedakan antara batu zamrud yang asli dan sintetis, bisa jadi batu yang nampak sempurna dan tidak ada inklusi seperti yang banyak beredar di toko-toko adalah batu palsu atau sintetik.

Perlu di waspadai jika anda hendak membeli batu Emerald ini, karena seiring bertambah canggihnya jaman ini, banyak bermunculan Zamrud palsu atau sintetik buatan laboratorium (Lab Created Emerald) yang nyaris menyerupai batu asli, batu tiruan ini juga di jual dengan harga yang cukp tinggi, batu-batu yang palsu tersebut di beri nama seperti Chatham Emerald, Kimberly Emerald, Gilson Emerald, Biron  Emerald, Linde Emerald, Lennix Emerald, Zerfass Emerald, Regency Emerald dan sebagainya. Namun batu Zamrud yang asli adalah tahan panas, sedangkan sintetik akan meleleh jika di panaskan.

Adapun batu akik asli lainnya yang menyerupai Zamrud dan sering di jadikan untuk menipu pembeli adalah batu Garnet hijau, Peridot, Turmalin, Zikron, Krom diokside dan Hiddenite.

Batu Zamrud dengan kualitas terbaik adalah berasal dari negara Columbia tepatnya di wilayah Muzo dan Chivor, adapun negara lain penghasil batu hijau yang indah ini adalah Brasil, Zambia, Afrika, Pakistan, India,  Australia dan lainnya.



Kegunaan dan manfaatnya

Batu ini di percaya oleh sebagian orang memiliki pengaruh baik kepada pemiliknya seperti membawa keberuntungan, hoki, membuat mahir dalam diplomatik serta komunikasi dan juga di percaya dapat memberikan peringatan jika ada hal atau kejadian buruk yang akan terjadi, yakni di tandai dengan berubah pucatnya warna pada batu zamrud.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.