batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal batu Giok, jenis dan khasiatnya

Mengenal batu Giok, jenis dan khasiatnya

Advertisement

Nama batu Giok sudah tidak asing di telinga kita, popularitasnya sudah terdengar  di penjuru dunia sejak ribuan tahun yang silam, khususnya di China. Batu ini sudah sangat di minati sejak jaman kerajaan tiongkok dan banyak yang menjadikannya sebagai perhiasan, asesories, liontin, gelang, dan sebagainya, sehingga batu ini di sebut sebagai salah satu batu yang khas dari Tiongkok.


Sebenarnya batu giok ini ada 2 jenis, antara lain:


1. Nephrite.
Jenis ini sudah di kenal oleh warga Tiongkok sejak jaman Neolitikum, yakni pada masa 6 ribu tahun sebelum masehi, Nephrite ini terbentuk dari Silikat kalsium dan Magnesium, mineralnya tersusun oleh Amfibol. pada umumnya batu jenis ini berwarna putih, dan memiliki tingkat kekerasan antara 6 - 6,5 skala mohs.

2. Jadeite.
Jenis batu ini baru mulai muncul sejak pertengahan abad yang ke 18, yakni pada jaman Dynasti Ching (1644 - 1912). Sedangkan Jadeite ini terbentuk dari Silikat natrium dan alumunium, adapun kandungan lainnya adalah kalsium, krom, kalium, titanium, magnesium, mangan dan air, mineral penyusunnya adalah Piroksen, Tingkat kekerasannya pun lebih tinggi yakni antara 6,5 - 7 skala mohs. jenis ini memiliki berat jenisnya lebih besar dari pada Nephrite, transparansinya juga lebih tinggi, dan warnanya pun lebih beragam, seperti hijau muda, hijau tua, hijau keputihan, abu-abu, dan lain-lain.

Dari sekian warna Giok yang paling banyak di sukai dan di cari adalah jenis warna hijau tua bening, atau orang biasa menyebutnya dengan Imperial jade. menurut mereka yang paling berkualitas adalah yang berwarna hijau seperti zamrud, kental dan bening.


Manfaat dan kegunaannya

Warga Tiongkok percaya bahwa jika memakai batu giok ini lama-lama batu tersebut menjadi lebih hijau dan indah maka orang tersebut akan mendapatkan keberuntungan, namun jika batu bertambah pucat, maka sebaliknya.

Selain itu batu ini juga di percaya memberikan pengaruh baik, maka tak jarang banyak warga China yang menjadikan batu ini sebagai jimat untuk keberuntungan, mengobati luka atau racun, menolak sihir, memberikan kesehatan, kebahagiaan, rasa percaya diri dan juga menghindari permusuhan.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.