batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal batu Pirus (Turquosie) dan kegunaannya

Mengenal batu Pirus (Turquosie) dan kegunaannya

Advertisement

Pasti anda semua sudah kenal dengan batu Pirus, yah batu ini terbilang batu yang sangat tua, yakni mulai di tambang sejak 6 ribu tahun yang silam oleh bangsa Mesir, tepatnya di daerah Sinai, dan juga batu ini banyak di temukan di dalam makam-makam kuno yang usianya sekitar 4 ribu tahun sebelum masehi, namun untuk pirus yang memiliki kualitas bagus terdapat di negeri Iran.

Batu Pirus ini juga di kenal dengan sebutan Turquoise dalam bahasa Perancis yang mempunyai arti Batu Turki, meskipun mempunyai sebutan seperti itu, namun sebenarnya di Turki tidak terdapat batu pirus. Batu pirus ini merupakan batu nasionalnya Iran atau Persia, dan dahulu kala batu ini di gunakan untuk perhiasan mahkota yang di pakai para petinggi-petinggi kerajaan.

Untuk kualitas terbaik batu ini dapat di temukan di bagian timur laut Iran, tepatnya di Nishapur, penambangannya pun sudah ada sejak masa 3 ribu tahun yang silam. Namun batu Pirus ini juga banyak di temukan di wilayah barat daya Amerika, tepatnya di New mexico dan Arizona, yang dahulu di pakai oleh suku-suku Indian untuk perhiasan dan juga upacara ritual.

Pada umumnya batu ini memiliki tingkat kekerasan antara 5 - 6 skala mohs, batu ini berjenis padat atau tidak tembus pandang, biasanya kebanyakan batu ini memiliki warna hijau atau biru muda ada juga yang merah. Dan rata-rata memiliki urat / guratan seperti akar ataupun sarang laba-laba yang berwarna hitam, perak dan emas.



Mitos, Manfaat dan kegunaan

Menurut mitos batu Pirus ini sangat sensitif  dengan aroma dan bau-bauan seperti bau minyak dan kotoran, sehingga perawatannya harus hati-hati, jangan di letakkan di dekat minyak atau zat-zat lain karena batu ini dapat menyerap, sehingga akan menurunkan kualitasnya warna dan keindahannya.

Batu Pirus ini juga di percaya memberikan dampak positif kepada pemaikainya seperti memberikan kebahagiaan, kedamaian dan juga dapat menolak bahaya maupun bencana.


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.