batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Kisah akik Sulaiman (Cincin Nabi Sulaiman AS)

Kisah akik Sulaiman (Cincin Nabi Sulaiman AS)

Advertisement

Di kisahkan dalam kitab Mukhtasor tarikh dimasyiq pada juz 3 halaman 379 di sebutkan yang isinya kurang lebih: "Wahab bin Munbih berkata bahwasannya Cincin yang di pakai oleh Nabi Sulaiman AS adalah Cincin dari langit yang mempunyai 4 sisi, yang tiap sisinya ada tulisan laa ilaaha illallahu wahdahu laa syariika lah, Muhammadun abduka wa rosuuluh. Kemudian di sisi keduanya tertulis Allohumma maalikal mulki tu'til mulka man tasya wa tanzi'ul mulka man tasya wa tu'izzu  man tasya wa tuzillu man tasya. Kemudian pada sisi ketiganya tertulis kullu syai'in haalikun illalloh. Dan pada sisi ke empatnya adalah Tabarakta ilahiy laa syariika laka.

Beliau juga menceritakan bahwa suatu ketika Nabi Sulaiman AS hendak mengambil wudlu kemudian nabi menitipkan cincinnya kepada budaknya yang bernama Aminah, dan ketika itu pula ada salah satu jin yang namanya Sokhr dia menyelinap dan bersembunyi di balik pintu, di saat nabi sedang berwudlu lalu jin itu menyamar menyerupai Nabi Sulaiman AS dan meminta cincin yang di titipkan nabi kepada budak itu, setelah jin itu mendapatkan cincin Nabi,dia lalu bergegas dan duduk di singgasana sang nabi dan semua mahluk dari bangsa manusia, jin dan hewan pun tunduk kepadanya.

Maka tatkala sang Nabi selesai berwudlu dan menanyakan cincinnya pada budaknya, dia malah bingung dan heran melihat nabi, "siapa engkau?" kata budaknya, nabipun menjawab aku adalah Sulaiman bin Daud, kemudian budak itu mengelak dan berkata "anda pasti berbohong, Nabi Sulaiman tadi sudah mengambil cincinnya dan sekarang ini beliau sedang duduk di singgasananya".



Pada kisah selanjutnya nabi Sulaiman keluar dari kerajaan dan menuju padang yang tandus, hingga dia akhirnya kelaparan dan kehausan, beliau pun sempat meminta kepada orang-orang di sekitar untuk meminta makanan dan minuman dengan berkata "aku adalah Sulaiman bin Daud" akan tetapi tidak ada orang yang mempercayainya, hingga kondisi lapar dan haus ini berjalan sampai 40 hari.

Kemudian Nabi berjalan terus hingga menuju pesisir pantai, lalu Nabi bertemu dengan sekelompok orang yang hendak bernelayan, lalu Nabi bergabung dan ikut bekerja sebagai nelayan. Lalu salah seorang dari mereka yang bernama Asif bin Barkhoya mengatakan "Wahai orang-orang bani Israel, sesungguhnya cincin milik Nabi Sulaiman AS telah di curi oleh sekelompok jin dan Nabi Sulaiman AS telah pergi dengan ketakutan yang terlihat di wajahnya".

Seketika itu jin yang mencuri cincin dan duduk di singgasana itu mendengar berita itu, lalu dengan rasa ketakutan dia menuju ke laut dan segera membuang cincin itu ke dalam laut, maka cincin itu pun di makan oleh ikan salmon dan dengan izin Allah SWT akhirnya ikan itu terperangkap dalam jaring Nabi Sulaiman AS.

Lalu di saat Nabi membersihkan dan membelah ikan-ikan tersebut,  dia mendapatkan cincinnya dan kemudian dia bersujud syukur kepada Alloh SWT, lalu dia menuju kembali ke Singgasananya.

Namun hingga saat ini tidak ada yang tahu dimana keberadaan Cincin tersebut.
Untuk kebenarannya Wallohu A'lam bi showab..

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.