batuan-mulia.blogspot.com

batuan-mulia.blogspot.com
Home » » Mengenal batu Red Borneo yang berkualitas tinggi

Mengenal batu Red Borneo yang berkualitas tinggi

Advertisement

Batu Red Borneo adalah jenis batu varian baru yang ikut meramaikan dunia akik di belantika nusantara, kemunculannya membawa daya tarik tersendiri sehingga banyak penggemar batu akik dan kolektor memburunya, karena batu ini memiliki warna yang indah yaitu dominan merah muda, ada juga yang di dominasi dengan tekstur warna hitam dan juga krem.

Penemuannya pun masih baru-baru ini yaitu di tahun 2015, yaitu di kecamatan Karang intan, tepatnya di desa Kiram gunung pematun, kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Sebenarnya batu ini memiliki warna yang beragam seperti Merah, Merah jambu, Kuning, Hijau dan biru. Akan tetapi yang sering di temukan adalah warna merah dan merah muda sehingga batu ini di sebut dengan nama Red Borneo, namun ada juga yang menyebutnya Ruby Borneo dan Bacan Borneo.


Jenis batu yang memiliki tingkat kekerasan 5,5 - 6,5 skala mohs ini adalah termasuk dalam jenis Natural Rhodonite yang memiliki kandungan Mineral Rhodocrosite yang terbentuk dari oksidasi mineral pangan yang merupakan senyawa dengan Hydrothermal.

Sebenarnya jenis Rhodonite yang memiliki unsur Rhodocrosite seperti Red Borneo ini tidak hanya terdapat di kalimantan saja, bahkan sudah ada sejak abad ke 13, tepatnya di Amerika Selatan yang oleh bangsa Inca batu ini di sebut dengan "Inca Rose Stone" yang artinya batu mawar Inca, Rhodonite sendiri berasal dari bahasa yunani "Rhodon" yang artinya mawar.

Selain itu batu ini juga banyak di temukan di Jepang, Australia, inlandia, Madagaskar, Kanada, Meksiko, New Jersey, Nevada, Rusia, Swedia, Tanzania, Afrika selatan, kalimantan dan banyak lagi, artinya batu ini bukan termasuk dalam kategori langka namun hanya batu yang berkualitas tinggi (HQ) lah yang sangat langka yang harganya bisa melambung tinggi.


Batu Red Borneo dengan kualitas yang tinggi adalah

Untuk menilai kualitas bagus pada batu mulia adalah dengan mengukur tingkat kekerasan dan juga 4C (Clarity, Colours, Carat dan Cutting). Maka untuk batu jenis ini yaitu:

  1. Memiliki warna yang cerah dan tegas.
  2. Untuk kulitas tinggi warnanya merah super, atau seperti warna merah pada fanta, bersih tanpa ada bercak hitam.
  3. Minimnya kapur atau tidak ada kapur sama sekali lebih bagus.
  4. Batu yang telah mengalami kristalisasi secara sempurna, mengkilap, tidak ada retak ataupun crack dan mempunyai serat yang sangat halus, hingga nampak seperti merah Ruby.
  5. Meskipun di senter dengan menggunakan cahaya yang kurang terang atau lemah, maka cahayanya akan tetap tembus untuk batu yang HQ.


Untuk harga dari batu ini yang memiliki kualitas rendah biasanya di jual dari harga 100 ribu rupiah percincinnya dan untuk kualitas yang tinggi bisa mencapai jutaan rupiah percincinnya, sedangkan untuk harga bahan Red borneo ini sekitar 500 ribu rupiah per kilonya, tergantung dari kualitasnya, untuk kualitas yang bagus bisa mencapai puluhan juta per kilonya.




0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.